Program Sekolah

Program Kepala SMK Negeri 2 Negara


1. PENDAHULUAN

Program kerja sekolah disusun untuk memberikan arah yang jelas dalam mencapai tujuan pendidikan pada umumnya dan pencapaian visi dan misi Kabupaten Jembrana yang dijabarkanlebih rinci melalui visi dan misi Dinas Dikporaparbud. Untuk mencapai hal tersebut SMK Negeri 2 Negara pada tahun ajaran 2009/2010 menjabarkan lebih rinci secara operasional dengan  memantapkan dan mengefektifkan seluruh sumber daya yang ada di SMK Negeri 2 Negara dalam satu tahun ke depan.Oleh karena itu kiranya perlu dirinci secara operasional tugas-tugas seluruh personil yang ada serta optimalisasi pemberdayaan sarana prasarana sekolah, sehingga seluruh warga sekolah memiliki tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian kemungkinan terjadinya tumpang tindih kegiatan dapat diminimalisir dengan membagi tugas yang ada secara jelas dengan target penyelesaian tertentu. Melalui pembagian tugas dan perencanaan ini diharapkan tujuan pengembangan pendidikan SMK dengan moto “SMK BISA” dapat dicapai. Disamping itu, SMK Negeri 2 Negara memasang target minimal setiap lulusan memiliki kompetensi khusus

dalam membekali dirinya masing-masing menuju dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), baik sebagai tenaga kerja profesional maupun sebagai pencipta lapangan kerja.

2. DASAR PENYUSUNAN PROGRAM

Penyusunan program kerja kepala SMK Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun ajaran2009/2010 didasarkan atas:

a. Kurikulum KTSP dan Suplemen Kurikulum tahun

b. Pemenuhan visi dan misi Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Pariwisata danKebudayaan

c. Pedoman penyelenggaraan Administrasi Sekolah

d. Pedoman Pembinaan SMK 1

Program Kerja Kepala Sekolah 2009/2010

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
  3. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
  5. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/U/1992 tentang SMK.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Standar KualifikasiAkademik dan Kompetensi   Guru.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.17 Tahun 2007 tentang Ujian NasionalKesetaraan.
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan.
  10. j. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan
  11. Perda No. 96 tentang Penugasan PNS di Lingkungan SMK Jembrana
  12. Hasil rapat-rapat dinas di Kabupaten
  13. Hasil rapat dewan guru
  14. rHasil rapat Komite Sekolah

3. BIDANG GARAPAN

Bagian yang paling utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah efektifnya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan praktikum selama kurun waktu belajar wajib siswa. Untuk lebihrincinya kegiatan sekolah dalam rangka melancarkan kegiatan belajar mengajar, kegiatan sekolah dipilah dalam beberapa bidang :

a. Bidang Kurikulum

Bidang kurikulum menangani masalah perencanaan kegiatan belajar mengajar, analisis silabus,kurikulum, kalender pendidikan, pembagian tugas mengajar, sosialisasi pembaharuan-pembaharuan administrasi pembelajaran, menciptakan inovasi pembelajaran efektif, analisis hasil pembelajaran secara konverhensif serta selalu berkoordinasi dengan bidang-bidang lainnya serta ketua-ketua program keahlian dan target pencapaian ketuntasan 100% dan tepat waktu.

  1. Bidang Kesiswaan

Bidang kesiswaan memiliki tugas-tugas mengendalikan seluruh kegiatan kesiswaan baik intrakulikuler maupun ekstrakulikuler untuk mencapai keharmonisan warga sekolah, serta menumbuhkan rasa percaya diri, kemandirian dan disiplin dengan menaati tata tertib sekolah.Bidang kesiswaan selalu berkoordinasi dengan bidang BK dan bidang-bidang lainnya serta ketua-ketua program keahlian dalam rangka menyaring dan mengelompokkan bakat dan minat siswa. Target kegiatan secara umum pelanggaran secara berkala menurun.

  1. Bidang Sarana Prasarana

Bidang sarana prasarana memiliki tugas memenuhi kebutuhan sarana prasarana pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancer yang pelaksanaannya selalu berkoordinasi dengan bidang-bidang lainnya serta ketua-ketua program keahlian. Targetkegiatan sarana prasarana dalam perencanaan kegiatan belajar mengajar terpenuhi.

  1. Bidang Humas

Bidang humas menangani masalah komunikasi dan publikasi hasil-hasil kegiatan yang telah dicapai serta selalu mencari informasi pembaharuan untuk peningkatan kompetensi sertakompetitif. Dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan bidang-bidang lainnya sertaketua-ketua program keahlian. Target kegiatan kehumasan adalah hasil kegiatanmasing-masing program terpublikasi.

  1. Bidang Manajemen Peningkatan Mutu

Bidang manajemen peningkatan mutu mempunyai tugas mengakomodir usulan-usulan upayapengembangan mutu pendidikan dari berbagai program keahlian, mencari terobosan-terobosanbaru dalam upaya peningkatan kompetensi siswa pada masing-masing program dan memantau serta menganalisis hasil-hasil pembaharuan yang telah diterapkan. Target kegiatan Peningkatan mutu adalah meningkatnya mutu lulusan dan pelayanan pendidikan SMK Negeri 2Negara yang ditandai dengan diperolehnya sertifikat ISO 9001.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: